Tambunan, Anggita T. (2012) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI STENOGRAFI KELAS XII SMK (BM) PERGURUAN TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114061 Judul.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
708114061 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
708114061 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708114061 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114061 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
708114061 Abstrak.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
708114061 Bab I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
708114061 Bab V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
708114061 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang studi stenografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar stenografi siswa pada SMK (BM) Perguruan Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK (BM) Perguruan Taman Siswa di Jl. Kartini No. 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 52 siswa, kelas XII AP1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AP2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal. Dari hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 68,07 dengan Standar Deviasi = 12,58 dan nilai rata-rata post tes siswa setelah menggunakan bahan ajar cetak = 82,12 dengan Standar Deviasi = 15,05. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 62,7 dengan Standar Deviasi = 10,98 dan nilai post tes siswa = 74,4 dengan Standar Deviasi 11,77. Dari analisis data diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (2,04 > 2,01), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N – 2 = 24. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar siswa bdiang studi stenografi kelas XII SMK (BM) Perguruan Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 653.140 71 Tam p |
Keywords: | Bahan Ajar; Cetakan; Penyusunan Bahan Ajar; Ssiswa; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13236 |