Purba, Chrystina M Lestari (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS XI IPS SMA N 1 DOLOKSANGGUL T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071277110031.Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
071277110031.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
071277110031.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
071277110031.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
071277110031.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071277110031.Daftar Tabel .pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071277110031.Abstrak .pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
071277110031.Bab I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
071277110031.Bab V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Konvensional secara simultan mempengaruhi Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi siswa di SMA N 1 Doloksanggul.Penelitian ini bertujuan untuk h perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kelas XI IPS di SMA N 1 Doloksanggul T.A 2012/2013. Populasi dalam penelian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Doloksanggul semester 1 tahun ajaran 2012/2013. Yang berjumlah 4 kelas pararel untuk jurusan IPS dan setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Dari 120 siswa yang ada secara keseluruhan, diambil 60 siswa sample dengan menggunakan purposive sampling. Sumber data dalam penelitian adalah data yang diperoleh dari sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan bantuan Excel. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran problem based learning ( PBL ). Hal ini dapat dilihat dari t-hitung 4,579 > t-tabel 1,672 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk pembilang 58. Kesimpulan penelitian adalah diketahui bahwa ada perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model konvensional dan model problem based learning (PBL) pada materi Ruang Lingkup Kajian Ekonomi di Kelas XI SMA N 1 Doloksanggul T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Pur p |
Keywords: | Hasil Belajar; Konvensional; Ceramah; Tanya Jawab; Pemberian Tugas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13234 |