UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN TALKING CHIP PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX-2 SMP NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Nasution, Sri Devi Lestari (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN TALKING CHIP PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX-2 SMP NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141217 COVER.pdf]
Preview
Text
709141217 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141217 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141217 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141217 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141217 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141217 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141217 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141217 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141217 BAB I.pdf - Published Version

Download (917kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141217 BAB V.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 709141217 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141217 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dan metode konvensional yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-2 SMP Negeri 1 Berastagi Tahun pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Talking Chip dan untuk perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Berastagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 dengan jumlah siswa 40 orang. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Talking Chip untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.Dari analisis diperoleh nilai rata-rata pre tes sebelum dilakukan tindakan adalah 7,25 dimana 14 orang siswa (35%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata-rata 7,325 dimana 17 orang siswa (42,5%) dinyatakan tuntas dan aktivitas belajar siswa 15 orang siswa (37,5%) dengan kategori aktif dan sangat aktif. Selanjutnya pada postest siklus II nilai rata-rata 8,00 dimana 34 orang siswa (85%) dinyatakan tuntas dan aktivitas belajar siswa 23 orang siswa (57,5%) dengan kategori aktif dan sangat aktif. Persentase Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 42,5% dan pada aktivitas belajar sebesar 20%. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji t antara aktivitas belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,22 > 1,68 . Dengan kata lain perningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,205 > 1,68 . Dengan kata lain perningkatan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Talking Chip dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX-2 SMP Negeri 1 Berastagi tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 658.071 2 Nas u
Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; kolaborasi; student facilitator and explaining; talking chip
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Dec 2016 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13229

Actions (login required)

View Item
View Item