Fauzan, Ahmad (2012) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310007 Cover.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
708310007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
708310007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
708310007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
708310007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
708310007 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
708310007 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708310007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar kewirausahaan siswa di SMK Negeri 1 Kisaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi sumbangan bagi pihak sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan informasi mengenai prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XI jurusan pemasaran di lihat dari sudut pandang kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar. Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 1 Kisaran yang beralamat di Jl. Akasia No. 44 Kisaran dengan mengambil sampel sebanyak 66 responden yang merupakan keseluruhan populasi atau total sampling, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berupa angket dan kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product momen dengan hasil dari 20 instrumen kreativitas belajar terdapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid dan 20 instrumen motivasi berprestai terdapat 18 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas kreativitas belajar adalah sebesar rhitung > alphal (0,712> 0,05 ) dan untuk reliabilitas motivasi berprestasi rhitung > alpha ( 0,646>0,05 ) Teknik analisis data yang dipergunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan kreativitas belajar berpengaruh secara signifikan dimana nilai thitung sebesar 3,583 dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05.dan Motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan dimana nilai t hitung sebesar 2,882 dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,005 < 0,05. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel kretivitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Kisaran. Dengan nilai F hitung sebesar 69,988 dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Fau p |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13221 |