Handayani, Sri (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN LEARNIG CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-1 SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110039 Cover.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
081277110039 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
081277110039 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
081277110039 Abstrak.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
081277110039 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
081277110039 Bab I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
081277110039 Bab V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
081277110039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-1 SMA Swasta Budi Agung Medan T.A 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Learning Cycle di kelas X-1 SMA Swasta Budi Agung Medan T.A 2012/2013 Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X-1 yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Learning Cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar ekonomi. Sedangkan teknik analisis data melalui data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 18,03 yang termasuk dalam kriteria Cukup. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 22,43 yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 55,80 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 67,27 atau terjadi peningkatan sekitar 11,47 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 93.33 atau mengalami peningkatan 26,06 poin dari siklus I. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X-1 SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Han p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; model pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Learning Cycle |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13207 |