Siahaan, Maurin Tri Naomi (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114192 Cover.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
708114192 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
708114192 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
708114192 Abstrak.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
708114192 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
708114192 Bab I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
708114192 Bab V.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
708114192 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu Jl. Letjen Djamin Ginting No.22 Pancur Batu dan dilaksanakan pada Tahun Pembelajaran 2011/ 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 105 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Hasil analisis yang diperoleh untuk hubungan motivasi belajar (X1) dengan prestasi belajar ekonomi (Y) diperoleh rhitung>rtabel (0,499>0.213) dan hasil yang diperoleh untuk hubungan kemandirian belajar (X2) dengan prestasi belajar ekonomi (Y), diperoleh rhitung>rtabel (0,336>0.213). Dalam perhitungan korelasi ganda diperoleh rhitung>rtabel (0,367>0.213). Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan rumus uji t dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Hasil yang diperoleh thitung>ttabel (3,21>1,66388), yang berarti hipotesis diterima yaitu ada hubungan motivasi belajar (X1) dengan prestasi belajar ekonomi (Y) dan thitung>ttabel (2,448>1,66235) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada hubungan kemandirian belajar (X2) dengan prestasi belajar ekonomi (Y). Untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan rumus uji F. Hasil yang diperoleh adalah Fhitung>Ftabel (13,26>3,11) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada hubungan motivasi belajar (X1) dan kemandirian belajar (X2) dengan prestasi belajar ekonomi (Y).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sia h |
Keywords: | Motivasi Belajar; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13204 |