Fahdina, Hani (2012) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310054 Cover.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
708310054 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
708310054 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
708310054 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
708310054 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
708310054 Bab I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
708310054 Bab V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
708310054 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Binjai pada bulan Mei 2012 dengan populasi sebanyak 300 orang dan sampel dalam penelitian 80 orang dengan teknik proporsional random sampling dan instrument yang digunakan untuk mengukur disiplin belajar dan variasi mengajar guru berupa angket yang berjumlah 20 soal dan prestasi belajar diperoleh dari DKN sekolah. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan uji f. Setelah uji validitas untuk variabel X1 dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil Untuk instrumen disiplin belajar dari uji reliabilitas angket diperoleh rhitung = 0,728>0,220 atau dinyatakan realibel,dan instrument variasi mengajar guru, dari uji reliabilitas angket diperoleh rhitung=0,707>0,220 atau dinyatakan realibel. . Dan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y = a+b1X1+b2X2 adalah Y=55,771+0,392X1+0,063X2. Dan untuk uji f diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,671 maka jika dibandingkan sig penelitian <0,05 (0,671>0,05) dengan demikian hipotesis diterima atau ada pengaruh positif antara disiplin belajar dan variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2011/2012. Disiplin belajar mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa, maka hendaknya siswa dibantu oleh guru untuk lebih menekankan sikap disiplinnya terhadap pelajaran agar lebih menigkatkan prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Fah |
Keywords: | Disiplin Belajar; Variasi Mengajar Guru; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13202 |