PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012

Fauzi, Ahmad (2012) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada bidang studi kewirausahaan di SMK Negeri 1 Binjai tahun ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Binjai dengan populasi sebanyak 248 Orang dan sampel sebanyak 151 responden. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling dan instrument yang digunakan untuk mengukur kreativitas guru dalam proses pembelajaran,kepribadian guru dan minat belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan uji f.Setelah uji validitas untuk variabel X1,X2 dan Y dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung>rtabel 0,845>0,159 untuk kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan rhitung>rtabel 0,890>0,159) untuk kepribadian guru dan rhitung>rtabel 0,901>0,159 untuk minat belajar. Dan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y=23,235+0,318X1+0,265X2. Dan untuk uji f diperoleh fhitung sebesar 32,303, sedangkan ftabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,057, berarti fhitung>ftabel (32,303>3,057) maka hipotesis diterima atau ada pengaruh positif antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada bidang studi kewirausahaan di SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2011/2012.Guru diharapkan dapat memilih metode pembelajaran yang menarik bagi siswa dan guru lebih memperhatikan kepribadiannya masing-masing agar tercipta suasana pembelajaran yang lebih baik yang diharapkan menigkatkan minat belajar para siswa terhadap bidang studi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Fau p
Keywords: Kreativitas guru dalam proses pembelajaran; Kepribadian Guru; Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Jun 2019 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item
View Item