Munthe, David Wijaya (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSISISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMIT.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114092 Cover.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
708114092 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
708114092 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
708114092 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708114092 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
708114092 Bab I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
708114092 Bab V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
708114092 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar, persepsi siswamengenai kompetensi guru dan fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dansignifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan pada matapelajaran ekonomi T.A 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 17Medan yang berjumlah 270 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalampenelitian ini menggunakan metode random sampling yang berjumlah 165 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Ujivaliditas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment,realibilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisisdata yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F.Variabel motivasi belajar (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsialterhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig>� yaitu 0,124>0,05, sama halnyadengan motivasi belajar (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai sig>� yaitu 0,063>0,05, fasilitas belajar (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<� yaitu 0,005<0,05. Secara simultan motivasi belajar, persepsi siswamengenai kompetensi guru dan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikanterhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<� yaitu 0,014<0,05. Prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas sebesar 6,4%.Kepala sekolah dan para guru diharapkan dapat meningkatkan pemberianmotivasi kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa lebihmelengkapi fasilitas belajar di rumah sehingga dapat memecahkan sendiri masalahyang belum terselesaikan disekolah, memberdayakan sumber daya yang ada melalui kompetensi yang dimiliki masing-masing guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Mun p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru; FasilitasBelajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13189 |