Sembiring, Muji Serina (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114205 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
708114205 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
708114205 Abstrak.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
708114205 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
708114205 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
708114205 Bab I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
708114205 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114205 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Talking Stick di kelas X E SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket yang beralamat di jalan pendidikan No 1 Tiganderket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X E dengan jumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Talking Stick. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siklus I terdapat 14 orang (46,6%) untuk kriteria cukup aktif dan aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 orang (90%) untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43,4%. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata dari tes sebelum penerapan adalah 59,1 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang (33,3%). Sedangkan pada tes siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 69,3 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 orang (66,67). Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi 82 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 orang atau 90% dari jumlah siswa di kelas X E. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Word Square dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sem p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Word Square Dan Talking Stick; Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13187 |