Lubis, Ratna Maulida (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X SMK NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310128 Cover.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
708310128 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (962kB) | Preview
708310128 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
708310128 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
708310128 Abstrak.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
708310128 Bab I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
708310128 Bab V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
708310128 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kewirausahaan siswa yang menggunakan model pembelajaran PQ4R dengan model pembelajaran PBL pada materi pokok semangat wirausaha kelas X SMK Nusantara Lubuk Pakam.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas X SMK Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 orang siswa, yakni kelas X-Ak sebagai kelas eksperimen-I dengan menggunakan model pembelajaran PQ4R dan kelas X-Ap sebagai kelas eksperimen-II dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kewirausahaan siswa dalam bentuk test pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil pemberian postest yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen-I adalah 66,5 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 sedangkan simpangan baku 8,32. Pada kelas eksperimen-II rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,67 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 60 sedangkan simpangan baku 9,58. Hasil analisis data menunjukkan thitung > ttabel (2,40 > 1,672). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kewirausahaan yang menggunakan model pembelajaran PQ4R dengan model pembelajaran PBL kelas X SMK Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012. Dimana hasil belajar Kewirausahaan siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran PQ4R.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Lub p |
Keywords: | PQ4R; Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13185 |