PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF TERFFINGER DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.A 2011/2012

Barus, Tuti Kanata (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF TERFFINGER DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114280 Cover.pdf]
Preview
Text
708114280 Cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
708114280 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708114280 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708114280 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708114280 Abstrak.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Bab I.pdf]
Preview
Text
708114280 Bab I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Bab V.pdf]
Preview
Text
708114280 Bab V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 708114280 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708114280 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Kreatif Terffinger Dan Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pancur Batu T.A. 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu pada semester genap T.A. 2011/2012 dengan subjek siswa kelas XI IPS yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan hasil analisis data minat siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan minat siswa, pada siklus I 11 siswa (31%) menjadi 18 siswa (51%) pada siklus II. Sedangkan tes hasil yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari 24 siswa (69%) siswa yang tuntas belajar menjadi 31 siswa (89%) yang tuntas belajar pada siklus II.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Kreatif Terffinger dan Number Head Together (NHT) di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu T.A. 2011/2012 membuktikan peningkatan minat dan hasil belajar yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Bar p
Keywords: Model Pembelajaran Kreatif Terffinger; Model Pembelajaran Number Head Together (NHT); Minat Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 05 Dec 2016 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item
View Item