Simanjuntak, Novalya (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK MARISI MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114215 Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
708114215 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
708114215 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
708114215 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
708114215 Abstrak.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
708114215 Bab I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
708114215 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114215 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X AK-1 SMK Marisi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Talking Stick pada materi menerapkan jiwa kepemimpinan di kelas AK-1 SMK Marisi Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Marisi Medan Tahun Ajaran 2011/2012 semester genap. Subjek penelitian ini adalah kelas X AK-1 yang berjumlah 40 orang dan objeknya adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa. Teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil penelitian diperoleh hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari siklus I siswa yang memiliki kriteria aktivitas hanya ada 40% yang aktif, 35% cukup aktif dan siswa yang kurang aktif 25%. Pada siklus II mengalami peningkatan siswa yang sangat aktif 22,5%, 55% aktif, 22,5% cukup aktif dan tidak ada lagi siswa yang didapati kurang aktif. Selanjutnya hasil belajar siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Talking Stick dalam belajar kewirausahaan diperoleh hasil yang baik dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pretes dengan nilai rata-rata 55 dengan jumlah yang tuntas sebesar 30% sedangkan pada postes siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 68,25 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebesar 50% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,5 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 87,5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X AK-1 SMK Marisi Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sim p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13162 |