Girsang, Sri Devi (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA BUDI MURNI 2 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114266 Cover.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
708114266 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
708114266 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
708114266 Abstrak.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
708114266 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
708114266 Bab I.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
708114266 Bab V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
708114266 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan belajar pada mata pelajaran ekonomi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS 3 SMA Budi Murni 2 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dikolaborasikan dengan model pembelajaran Word Square. Dan untuk melihat apakat terdapat hubungan antara aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 2 Medan pada semester ganjil yang berlokasi di jalan Kapiten Purba 1 Simalingkar Medan. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IS3 SMA Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 40 siswa dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick dikolaborasikan dengan model pembelajaran Word Square. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 50% masih tergolong kriteria “cukup aktif”. Hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 20 siswa (50%) yang mencapai nilai 70 keatas dan 20 siswa lainnya (50%) mendapat nilai dibawah 70 dengan nilai rata-rata 65. Pada siklus II aktivitas siswa mencapai 80% tergolong kriteria “baik” dan jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih dari 70 sebanyak 33 siswa (82,5%) dan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa (17,5%) dengan nilai rat-rata 75,25. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa 32,5% dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Talking Stick dan Word Square dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IS 3 SMA Budi Murni 2 Medan Tahun AJaran 2012/2013. Dan terdapat hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Gir p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Talking dan Word Square; Aktivitas;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13159 |