Sihombing, Dina Agnesia (2012) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK PARULIAN I MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114105 JUDUL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
708114105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
708114105 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
708114105 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
708114105 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
708114105 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
708114105 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
708114105 BAB I.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
708114105 BAB V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
708114105 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Parulian I Medan T.A 2011/2012 pada pokok bahasan menyusun proposal usaha.Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya karena ketidakmampuan guru mengadakan variasi dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga hasil belajar kewirausahaan siswa rendah.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian I Medan T.A 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah 65 siswa sekaligus dijadikan sampel dan instrumen soal yang digunakan untuk mengukur hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan Ms.Excell. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan X = 82,96 dan S = 12,30 hampir sama dengan hasil belajar dengan model pembelajaran Mind Mapping dengan X = 82,58 dan S = 12,10. Dan dari perhitungan post-test uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,03 dan Ftabel = 1,84, sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel yang berarti kedua varians adalah homogeny dan digunakan uji t. Dari hasil perhitungan didapat thitung = 0,12 dan pada taraf nyata α = 0,05 diketahui t tabel = 1,97. Sehingga hasil uji t menunjukkan bahwa thitung < ttabel yakni, 0,12 < 1,97.Lalu dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, yaitu tidak ada perbedaan model pembelajaran Mind Mapping dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Parulian I Medan T.A 2011/2012. Bagi guru bidang studi kewirausahaan dapat menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran kewirausahaan dengan pokok bahasan menyusun proposal usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sih p |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD); Mind Mapping; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13145 |