Simbolon, Elvis F. (2012) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA NIAGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114117 Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708114117 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708114117 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
708114117 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (862kB) | Preview
708114117 Abstrak.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
708114117 Bab I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
708114117 Bab V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
708114117 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang apakah ada pengaruh kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap indeks prestasi dan untuk mengetahui variabel mana yang lebih dominan dalam mempengaruhi indeks prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 104 orang dan sampel yang diambil 50% dari populasi yaitu 52 orang dengan teknik Stratifield Proportional Random Sampling dan instrument yang digunakan untuk mengukur kemandirian belajar dan manajemen waktu berupa angket atau kuesioner. Validitas test uji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan hasil dari 20 instrumen kemandirian belajar terdapat 16 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid dan manajemen waktu dari 10 instrumen dinyatakan valid. Reliabilitas test diuji dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan hasil sebesar r_hitung > r_tabel (0,861 > 0,361) untuk reliabilitas kemandirian belajar dan reliabilitas manajemen waktu (0,886 > 0,361). Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu uji t pada taraf signifikan alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh kemandirian belajar secara signifikan dimana nilai t_hitung sebesar 2,608 dan nilai Sig. 0,012 < 0,05 dan manajemen waktu berpengaruh secara signifikan dimana nilai t_hitung sebesar 2,052 dan nilai Sig. 0,046 < 0,05. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel kemandirian belajar dan manajemen waktu berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Tata Niaga sehingga variabel kemandirian belajar dan manajemen waktu dapat dipakai untuk memprediksi indeks prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Medan. Dengan nilai F_hitung sebesar 16,058 dengan nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05. Dengan koefisien determinasi secara keseluruhan sebesar 39,6 %. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar dan manajemen waktu yang positif berpotensi meningkatkan indeks prestasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sim p |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Manajemen Waktu; Indeks Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13137 |