STUDI KOMPARATIF PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 6 HELVETIA TAHUN AJARAN 2011/2012

Supra, Diah Retno Utami (2012) STUDI KOMPARATIF PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 6 HELVETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114101 COVER.pdf]
Preview
Text
708114101 COVER.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114101 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
708114101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 BAB I.pdf]
Preview
Text
708114101 BAB I.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114101 BAB V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 708114101 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkanhasilbelajarsiswa yang menggunakanmodel pembelajaran tipe snowball throwing dengan model pembelajaran tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang siswa, dimana kelas X1 sebagai kelas Snowball Throwing dan kelas X2 sebagai kelas Jigsaw.Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji F dan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil pemberian postest yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata nilai rata-rata postes kelas SnowballThrowing adalah 78,33dengan simpangan baku (SD) sebesar 7,47 nilai maksimum sebesar 95, nilai minimum sebesar 65, dan range sebesar 40 . Sedangkan nilai rata-rata postest kelas Jigsaw adalah 81,5dengan simpangan baku (SD) sebesar 9,572 , nilai maksimum sebesar 100, nilai minimum sebesar 65 dan range sebesar 35. Hasil analisis data menunjukkan thitung > ttabel ( 2,31 > 2,002). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe SnowballThrowing dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia Tahun Ajaran 2011/2012. Dimana hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.Bagi kepala sekolah hendaknya mengarahkan guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Jigsaw,danjuga mengarahkan guru-guru untuk menerapkan model-model pembelajaran kooperatif yang lainnyapada mata pelajaran ekonomi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Sup s
Keywords: Kooperatif; SnowballThrowing; Jigsaw; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 18 Oct 2016 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item
View Item