PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK DI SMK BUKIT CAHAYA SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Ginting, Irene R. (2012) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK DI SMK BUKIT CAHAYA SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114154 Cover.pdf]
Preview
Text
708114154 Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708114154 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708114154 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708114154 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708114154 Abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Bab I.pdf]
Preview
Text
708114154 Bab I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Bab V.pdf]
Preview
Text
708114154 Bab V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 708114154 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708114154 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Bukit Cahaya Sidikalang Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bukit Cahaya Sidikalang yang beralamat di Jalan Makmur Barisan Nauli No 10 Sidikalang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-SMK yang berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel di setiap kelas dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa diambil dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Data dianalisis dengan uji korelasi ganda dengan tingkat kepercayaan 95 % (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik Guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang termasuk kategori kuat (0,771). Kompetensi kepribadian Guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang termasuk kategori kuat (0,686). Kompetensi sosial Guru berpengaruh signifikan terhadap presatsi belajar siswa kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang termasuk kategori kuat (0,677). Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang kategori cukup (0,569). Dari keempat kompetensi tersebut dilakukan uji bersama- sama dengan uji korelasi ganda yang hasilnya juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang kategori kuat yaitu (0, 608). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Yang Positif Dan Signifikan Antara Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Smk Bukit Cahaya Sidikalang Tahun Ajaran 2011/2012.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 650.071 Gin p
Keywords: Kompetensi Guru; Prestasi Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 23 Nov 2016 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item
View Item