Muliarty, Sri (2012) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310150 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
708310150 Cover.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
708310150 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
708310150 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
708310150 Bab I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
708310150 Abstrak.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
708310150 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (16MB) | Preview
708310150 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter belum sepenuhnya menghasilkan siswa yang religius, berbudi pekerti, mandiri, inovatif dan berwawasan lingkungan sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa belum mencerminkan kualitas karakter siswa tersebut, hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya penyebabnya yaitu, penerapan pendidikan karakter belum dilaksanakan secara konsisten dan kosekuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan di Jalan STM No.12 Kampung Baru Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 165 siswa. Sampel yang diambil dari penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling dengan dengan menggunakan rumus Slovin dan Alpa 10% sehingga hasil dari perhitungan diperoleh sampel sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket/kuisioner. Untuk mengetahui besarnya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi yakni Y=1471,607-0,15X. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment diperoleh r sebesar -0.226 yang berarti bahwa pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa terdapat korelasi negatif, dan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa maka penelitian ini menggunakan rumus koefisien determinasi sehingga diperoleh kd sebesar 5,1% yang berarti bahwa pengaruh yang ditimbulkan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Medan kurang dan sangat rendah (tidak erat). Kemudian untuk memastikan tidak terjadi kesalahan perhitungan maka penelitian ini di uji kembali dengan menggunakan rumus uji t, diketahui tidak terdapat pengaruh pendidikan karakter yang signifikan terhadap prestasi belajar, dengan diperoleh t hitung (-1,797) < t tabel (1,67) pada taraf kepercayaan 95 % dan Alpha 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2011/2012” ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Mul p |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Jan 2017 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13128 |