Karo, Trilola Nika (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMK PENCAWAN MEDAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114279 Cover.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708114279 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
708114279 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708114279 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
708114279 Abstrak.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
708114279 Bab I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
708114279 Bab V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708114279 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Sistem Subjek di kelas X AP SMK Pencawan Medan T.P 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AP Semester Genap SMK Pencawan Medan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling dimana semua populasi menjadi sample yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan kelas kontrol berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 15 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,7 dengan standar deviasi 10,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,9 dengan standar deviasi 9,3. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah sebesar 85,5 dengan standar deviasi 9,4 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 73,9 dengan standar deviasi 10,5. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t dua pihak diperoleh thitung = 3,675 sedangkan untuk ttabel = 1,68 sehingga thitung > ttabel. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Sistem subjek di kelas X AP Semester II di SMK Pencawan Medan t.p. 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Kar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI);Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13124 |