Hutagalung, Daniel Franky (2012) PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PRAYATNA �. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114088 Cover.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114088 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
708114088 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
708114088 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
708114088 Abstrak.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
708114088 Bab I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
708114088 Bab V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708114088 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Pemecahan masalah (Problem Solving) terhadap hasil belajar Siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa Kelas X AP SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. dengan populasi seluruh kelas X SMK Prayatna -1 Medan T.A 2012/2013 . Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak sederhana yang terdiri dari kelas eksperimen 25 orang kelas kontrol 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kewirausahaan berupa objektif tes dengan jumlah 20 soal yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dengan terlebih dahulu menghitung uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pos tes siswa kelas eksperimen 71,8 dengan SD = 8,52 dan nilai rata-rata kelas kontrol 65,2 dengan SD = 9,84. Hipotesis dalam penelitian diuji dengan uji “t”, nilai 2,54 > 1,67 pada taraf α = 0,05 dengan dk = 48 dengan demikian ttitung > ttabel. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yanng signifikan antara metode pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X AP Prayatna- 1 Medan T.A. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Hut p |
Keywords: | Pembelajaran Problem Solving; Hasil Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13116 |