Pasaribu, Khodijah Khoirunnisa (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA SMK BM. SINAR HUSNI HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110018 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
081277110018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
081277110018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
081277110018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
081277110018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
081277110018 Bab I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
081277110018 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081277110018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK BM. Sinar Husni Helvetia Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM. Sinar Husni Helvetia Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK BM. Sinar Husni Helvetia yang berjumlah 178 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X AP1 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen dan X AP2 yang berjumlah 40 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan strategi PAIKEM lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan strategi PAIKEM adalah nilai rata-rata pre-test 40,38 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 15 serta simpangan baku 10,46 dan post-test sebesar 70,25 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 45 serta simpangan baku 11,26. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 38,13 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 15 serta simpangan baku 10,17 dan post-test sebesar 63,63 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 10,19. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh > yaitu 2,80 > 1,667 pada taraf signifikan 95% dan =0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Strategi PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di kelas X SMK BM. Sinar Husni Helvetia Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Pas p |
Keywords: | Strategi PAIKEM; Hasil Belajar; Pelajaran Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13114 |