Anggraini, Gesty (2012) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK-BM SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310053 Cover.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708310053 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
708310053 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
708310053 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
708310053 Abstrak.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
708310053 Bab I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
708310053 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708310053 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya diantaranya keterampilan guru mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SMK-BM Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK-BM Swasta Jambi Medan di Jalan pertiwi No.166 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 56 siswa dan sampel berjumlah 56 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel total. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar dan motivasi belajar berupa angket dalam bentuk skala likert.Untuk mengetahui besarnya pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi yakni Y= 32.713+0.455X. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t, diketahui terdapat pengaruh keterampilan guru mengajar yang signifikan terhadap motivasi belajar, dengan diperoleh t hitung (4,099) > t tabel (1,67) pada taraf kepercayaan 95 % dan Alpha 5% dengan koefisien determinasi secara keseluruhan sebesar 0,237. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SMK-BM Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Ang p |
Keywords: | Keterampilan Mengajar; Motivasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13108 |