Girsang, Tri Hertati (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan dan persetujuan.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. Abstrak.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. Bab V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul kelas X Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Group Investigation adalah pretes sebesar 39,60 dan postes sebesar 70,00 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 36,45 dan postes sebesar 53,95. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,458 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Gir p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar; Pengajaran Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13076 |