Hutagalung, Marshal Wempy (2014) PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGYUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMASWASTA ST.YOSEP AEKKANOPAN T.P 2013/2014. SKRIPSI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI,PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI, FAKULTAS EKONOMI, UNIV. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 709141125- Cover.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. 709141125- SURAT PERASETUJUAN, SURAT PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 709141125- Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. 709141125- Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7. 709141125- DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. 709141125- DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 709141125- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. 709141125- Abstrak.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
9. 709141125- BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. 709141125- BAB V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. 709141125- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS dengan menerapkan GeniusLearning Strategy di SMA Swasta St.Yosep Aek Kanopan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta St.Yosep Aek Kanopan. Subjek penelitianini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalahGenius Learnng Strategy. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes danlembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama prosespembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dandata kuantitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 43,33%keaktifan secara keseluruhan yaitu 13 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Di siklus IIterdapat peningkatan keaktifan menjadi 83,33%. Hal ini telah memenuhi kriteria penilaianaktivitas dengan skor ≥23 aktif atau 71,88% yaitu 25 siswa yang tergolong sangat aktif danaktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 19 siswa (63,33%) yang memperolehnilai tuntas dengan nilai rata-rata 71,5. Dan setelah siklus II, persentase ketuntasan secarakeseluruhan sebesar 90% atau terdapat 27 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan nilairata-rata 81,06, menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara keseluruhan sebesar26,67% dari siklus I. Hal ini telah memenuhi kriteria penilaian hasil belajar jika 70% siswatelah memenuhi KKM ≥70. Ini berarti menunjukkan bahwa telah diperoleh ketuntasanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukandengan menggunakan uji t dengan dk = 30-1 = 29 dan taraf kesalahan (α) = 5%. Dari hasilperhitungan diperoleh thitung = 9,33 dan ttabel = 2,04. Sehingga thitung > ttabel (9,33 > 2,04).Dengan demikian peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I memilikipeningkatan yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar Akuntansi siswa pada siklus II.Maka dalam hal ini Ha=X2>X1 diterima dan H0=X2=X1 ditolak.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Genius Learning Strategy dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS pada standarkompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA SwastaSt.Yosep AekKanopan T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.0712/hut/p |
Keywords: | GENIUS LARNING;STRATEGI;PEMBELAJARAN;AKTIVITAS; HASIL;BELAJAR;AKUNTANSI. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13069 |