PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA AL-MAKSUM CINTA RAKYAT T.A 2012/2013

Syahputri, May Dian (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA AL-MAKSUM CINTA RAKYAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708310093 Cover.pdf]
Preview
Text
708310093 Cover.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708310093 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708310093 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708310093 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708310093 Abstrak.pdf - Published Version

Download (993kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Bab I.pdf]
Preview
Text
708310093 Bab I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Bab V.pdf]
Preview
Text
708310093 Bab V.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 708310093 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708310093 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hash belajar Akuntansi siswa Kelas XII IS SMA Swasta Al-Maksum Cinta Rakyat Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengctahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Mctode konvensional terhadap basil belajar Akuntansi siswa Kolas XII IS SMA Swasta AI-Maksum Cinta Rakyat Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al — Maksum yang beralamat di Jalan Satria Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang dengan populasi seluruh siswa kelas XII IS SMA Swasta Al — Maksum Cinta Rakyat yang benunalah 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan acak sederhana dengan jumlah sampel 60 orang yang terdiri dad kolas Eksperimen 30 orang dan kolas kontrol 30 orang. Teknik pengumpuian data yang digunakan adalah tes hasil belajar Akuntansi dalam bentuk essay tes sebanyak 5 seal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas digunakan uji Liliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis Menggunakan Uji¬t.Dan hasil analisis data untuk kelas eksperimen diperoleh rata — rata dan standar deviasi untuk pre — test 43,93 dan 6,52 untuk post — test 69,83 dan 8,35. Untuk kelas kontrol diperoleh rata — rata dan standara deviasi untuk pre - tes 43,73 dan 5,98 untuk post — test 56,00 dan 7,92. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95 % dan a = 0,05 pada pengamatan n = 30 orang didapat th,,,,„g sebesar 6,56 setelah dikonsultasikan dengan ttak sebesar 1,69. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung > tube! (6,56 > 1,69) dengan kata lain hipotesis diterima.Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan konvensional terhadap basil belajar Akuntansi siswa Kelas XI IS SMA Swasta Al-Maksum Cinta Rakyat Tahun Pelajaran 2012/2013. Matra diharapkan guru SMA yang mengajar Akuntansi umumnya, dan khususnya guu SMA Swasta Al — Maksum Cinta Rakyat agar dapat menerapkan model pembelajran Student Facilitator and Expalining dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 671.021 Sya p
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; Metode Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 04 Oct 2016 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13030

Actions (login required)

View Item
View Item