Wahyuni, Eka (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 SMK SWASTA AL WASHLIYAH 2 PERDAGANGAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114110 Judul.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
708114110 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
708114110 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
708114110 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114110 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708114110 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708114110 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708114110 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114110 Bab I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
708114110 Bab V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
708114110 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK Swasta Al Washliyah 2 Perdagangan T.A 2011/2012 dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dengan siklus II.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al Washliyah 2 Perdagangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 dengan jumlah siswa 43 orang. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team–Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan lembar angket minat. Teknik analisis data terdiri reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Dari analisis diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum dilakukan tindakan adalah 65,12 dimana 18,60% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada post test siklus I nilai rata-rata 79,30 dimana 51,16% siswa dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 90,47 dimana 93,02% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu hasil dari angket minat belajar siklus I diketahui bahwa 4 orang memiliki minat tinggi, 17 orang memiliki minat rendah, dan 22 orang memiliki minat rendah. Sedangkan pada siklus II, 35 orang memiliki minat tinggi, dan 8 orang memiliki minat sedang. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siklus I dengan siklus II dimana thitung>ttabel yaitu 5,52>1,99.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat meningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK Swasta Al Washliyah 2 Perdagangan Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini berarti bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Wah p |
Keywords: | Minat Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Student Team Achievement Division; Strategi Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13027 |