Purba, Otto Berman (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IPS SMA PRIMBAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310120 Cover.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
708310120 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708310120 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
708310120 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
708310120 Abstrak.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
708310120 Bab I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
708310120 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708310120 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS SMA Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle dan metode pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS SMA Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Primbana yang berlamat di Jln. A.H. Nasution No. 1 Medan Johor pada Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Primbana Medan yang berjumlah 77 orang. Smpel yang digunakan adalah kelas XII IPS -1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 35 orang dan jumlah seluruh sampel 70 orang. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay test sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pre-tes = 41,28; S = 11,65 dan post-tes = 75,28; S = 10,36. Sedangkan kelas kontrol pre-tes = 37,28; S = 11,46 dan post-tes = 65,71; S = 9,09. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dan dk = (n1 + n2) – 2 pada taraf α = 0,05. Dari data penghitungan hipotesis thitung sebesar 4,11 dan ttabel sebesar 1,99. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 4,11 > 1,99 dengan kata lain hipotesis diterima. Berdasarkian hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle dan metode pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS SMA Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sehingga disarankan guru yang mengajar Akuntansi menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada kompetensi dasar silabus yaitu mencatat transaksi kedalam jurnal khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Pur p |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle; Hasil Belajar Akuntasi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13023 |