Sitohang, Sumarni (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING SISWA KELAS X AK SMK SWASTA ASSISI SIANTAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114272 Cover.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114272 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
708114272 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
708114272 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
708114272 Abstrak.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
708114272 Bab I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
708114272 Bab V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
708114272 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X AK SMK Swasta Assisi Siantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui model pembelajaran Resource Based Learning di kelas X AK SMK Swasta Assisi Siantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Assisi Siantar yang beralamat di Jl. Asahan Km. VI Siantar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 35 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi kreativitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh kreativitas belajar siswa mencapai 51,43% kekreatifan kalsikal yaitu 2 siswa (5,72%) yang tergolong sangat kreatif, 16 siswa (45,71%) kreatif. Di siklus II terdapat peningkatan kekreatifan kalsikal menjadi 80% yaitu 5 siswa (14,28%) memperoleh kategori sangat kreatif, 23 siswa (65,72%) kreatif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 22 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 62,86% dengan nilai rata-rata 72,57. Dan setelah di siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 85,71% (30 orang ) dengan nilai rata-rata 80,43, ini berarti mengalami peningkatan sebesar 22,85% dari siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mengidentifikasi dokumen bukti transaksi keuangan pada perusahaan dagang di kelas X AK SMK Swasta Assisi Siantar Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sit u |
Keywords: | Kreativitas belajar; Hasil belajar akuntansi; Model Pembelajaran Resource Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13017 |