Kartika, Desi Tri (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT T.A 2001/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114096 Cover.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
708114096 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
708114096 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
708114096 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
708114096 Abstrak.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
708114096 Bab I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
708114096 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
708114096 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI IS SMA Swasta Persiapan Stabat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran problem based learning dan numbered head together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Swasta Persiapan Stabat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMA Swasta Persipan Stabat yang berlokasi Jl. HIB Tambeleng Tebasan Stabat. Subjek dalam siswa kelas XI IS dengan jumlah 39 orang. Objek merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data adalah dengan reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah tindakan tindakan siklus I rata – rata adalah 61,54% atau 76,54 (25 siswa) yang telah mencapai standar ketuntasan belajar kemudian setelah diadakan siklus II nilai rata – rata mengalami peningkatan menjadi 89,74% atau 85,13 (35 siswa) yang tuntas. Terjadi peningkatan 25,64% atau 28,2. Untuk aktivitas juga menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan jumlah siswa yang memenuhi kriteria “baik” dan kriteria “baik sekali” sebesar 41,02% (16 siswa) pada siklus I menjadi 89,74% (35 siswa) untuk kriteria “baik” dan “baik sekali” pada siklus II. Hasil uji korelasi antara aktivitas (variabel X) dan hasil bealajar (variabel Y) diperoleh r_(xy=)0,78 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika aktivitas siswa tinggi, maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran problem based learning dan numbered head together pada standar kompetensi jurnal penyesuaian di kelas XI IS SMA Swasta Persiapan Stabat T.A 2011/2012 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Kar p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Problem Based Learning; Numbered Head Together |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13013 |