PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 1 SMA N 1 BABALAN P. BERANDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Siregar, Rukia Kumala Sari (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 1 SMA N 1 BABALAN P. BERANDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708310141 Cover.pdf]
Preview
Text
708310141 Cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708310141 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708310141 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708310141 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708310141 Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Bab I.pdf]
Preview
Text
708310141 Bab I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Bab V.pdf]
Preview
Text
708310141 Bab V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 708310141 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708310141 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 1 SMA N 1 Babalan 2011/2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran The Power of Two di kelas XI IS 1 SMA N 1 Babalan P. Berandan Tahun Ajaran 2011/2012. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I dan II. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Babalan P. Berandan yang beralamat di Jl. Melati No. 2 P. Berandan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 1 SMA N 1 Babalan berjumlah 38 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran The Power of Two. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar, sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 64,78%. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 78,78%. Dari hasil analisis data diperoleh hasil test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 62,23 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,95 atau terjadi peningkatan sekitar 6,72 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 81.84 atau mengalami peningkatan 12,89 poin dari siklus I. Dari uji-t diperoleh untuk hasil belajar, thitung > ttabel yaitu 8,71 > 1,99 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IS 1 SMA N 1 Babalan P. Berandan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Sir p
Keywords: Strategi Pembelajaran The Power of Two; Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 30 Sep 2016 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item
View Item