Ananda, Citra (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709641003 Cover.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
709641003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
709641003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
709641003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
709641003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
709641003 Bab I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
709641003 Bab V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
709641003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Binjai yang beralamat di Jl. WR.Mongonsidi No.10 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS SMA, yang berjumlah 81 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling yang masing-masing berjumlah 33 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Two Group Pre-test dan post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pre-test dan post-test adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group to Group Exchange ( = 75,45 dan SD= 9,04) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional ( = 58,48 dan SD = 11,14). Dari pengujian Hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan dk = 33+ 33-2 = 64, diperoleh thitung = 0,65 sedangkan ttabel = 1,998 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung < ttabel yaitu 0,65 < 1,998. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis ditolak. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t untuk aktivitas belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan dk = 33+ 33-2 = 64, diperoleh thitung = 0,89 sedangkan ttabel = 1,998 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung < ttabel yaitu 0,89 < 1,998. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis ditolak.Maka dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran aktif Group to Group Exchange dan metode konvensional terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Ana p |
Keywords: | Model Pembelajaran Aktif Group to Group Exchange; Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13001 |