Suratman, Suratman (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X-2 AK SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114273 Cover.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
708114273 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
708114273 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
708114273 Abstrak.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
708114273 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
708114273 Bab I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
708114273 Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708114273 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapakan metode pembelajaran Problem Solving dan strategi Everyone is a Teacher Here di SMK Swasta Harapan Stabat. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat yang terletak di Jl. S. Parman No. 05 Stabat tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 AK yang berjumlah 37 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Strategi Everyone is a Teacher Here . Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 56,76% menjadi 78,38% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 21,62%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 37 siswa hanya 24 (64,86%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 84,08 menjadi 31 siswa (83,78%) pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,32. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus I dimana thitung = 3,52 > ttabel = 1,996. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas X-2 AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2011/2012. Hal ini berarti bahwa Metode Problem Solving dan strategi Everyone is a Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sur p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Metode Problem Solving; Strategi Everyone is a Teacher here |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12986 |