Sitanggang, Katarina Poppy (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114169 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
708114169 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
708114169 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
708114169 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
708114169 Abstrak.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
708114169 Bab I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
708114169 Bab V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114169 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan yang berlokasi di JL. Pelajar No. 17 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dengan jumlah 41 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar akuntansi siswa yaitu dari 41 siswa 14 (34,13%) yang tuntas pada pretest dan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here menjadi 27(65,85%) dengan rata-rata 73,78. Pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 35 (85,36%)dengan rata-rata 81,71 yang berarti meningkat sebesar 7,93%. Dapat disimpulkan bahwa penerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Mind Mapping; Everyone Is A Teacher Here; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12985 |