Siregar, Hotmaida (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS2 SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310062 Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
708310062 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708310062 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
708310062 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
708310062 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708310062 Bab I.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
708310062 Bab V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
708310062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntnsi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XII IPS2 dengan menerapkan model pembelajaran The Lerning Cell dengan strategi pembelajaran Practice Rehersal Pairs pada kompetensi dasar mencatat transaksi kedalam dokumen transaksi jurnal khusus/umum di SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian dilaksanakan di SMA Al-Hidayah medan, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS2 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar aktivitas belajar siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajin data dan menarik kesimpulan.Dari data hasil obbservasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I terdapat 3 siswa (9,375%) yang memperoleh kategori aktivitas baik, sedangkan pada siklus II terdapat 24 siwa (75,05%) untuk kategori baik dan sangat baik. Siswa termasuk kedalam kategori baik apabila sisa mencapai nilai aktivitas 21 dan sangat baik apabila siswa mencapai nilai 25-28. Aktivitas secara klasikal terpenuhi apabila 70% (22 siswa)dari jumlah seluruh siswa mendapat kategori baik dan sangat baik. Selanjunya dari data nilai hasil belajar yaitu 29 siswa (90.625%). .siswa dikatakan tuntas belajar apabila siswa mencapai KKM yaitu 70. Dan ketuntasan secara klasikal terpenuhi apabila apabila 70% (22) siswa telah mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran The Learning Cell dengan Strategi Pembelajaran Prctice Rehersal Pairs dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS2 pada kompetensi dasar mencatat transaksi dokumen kedalam jurnal khusus/umum di SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir p |
Keywords: | Model pembelajaran; Strategi pembelajaran; Aktivitas siswa; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12982 |