Turnip, Irmawan Teresia (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK 2 SMK YAPIM MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
0708114155 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
708114155 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114155 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
708114155 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
708114155 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114155 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
708114155 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114155 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII Ak 2 dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing T.A 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK YAPIM Medan yang beralamat di Jln. Air Bersih no.59 Medan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Ak 2 di SMK YAPIM Medan yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes berbentuk essay yang diambil dari buku paket yang telah disetujui oleh guru. Adapun analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.Data hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I 2 orang siswa (5,55%) untuk kriteria kurang aktif, 14 orang siswa (17,24 %) untuk kriteria cukup aktif, 14 orang siswa (48,27%) untuk kriteria aktif dan 6 orang siswa (16,66%) untuk kriteria yang sangat aktif. Sementara pada siklus II menunjukkan 4 orang siswa (11,11%) untuk kriteria cukup aktif, 21 orang siswa (58,33%) untuk kriteria aktif, 11 orang siswa (30,55%) untuk kriteria sangat aktif. Sehingga dari siklus I ke Siklus II dengan kriteria cukup aktif menurun 6,13%, siswa aktif meningkat 10,06%, siswa sangat aktif meningkat 23,89%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 16 siswa yang tuntas (44,44%) dengan nilai rata-rata 68,05. Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 32 siswa (86,11%) dengan nilai rata-rata 76,66. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 41,67% dengan kenaikan rata-rata 8,61 poin. Dengan ketuntasan klasikal sebesar 70% maka hasil belajar siswa dinyatakan tuntas. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Ak 2 pada kompetensi dasar Mengkompilasi Biaya di SMK YAPIM Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Tur p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Snowball Throwing; Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12980 |