Nisa, Tresna Ayu (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709641019 COVER.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
709641019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709641019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709641019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
0709641019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
709641019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
709641019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
709641019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
709641019 BAB I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709641019 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709641019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Binjai tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Question Student Have terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Binjai yang beralamat di Jalan WR. Mongonsidi No. 10 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS, yang berjumlah 81 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling yang masing-masing berjumlah 22 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Two Group Pre-test dan post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pre-test dan post-test adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Question Student Have ( = 75,91 dan SD= 7,66) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional ( = 64,32 dan SD = 10,03). Dari pengujian Hipotesis yang dilakukan untuk hasil belajar dengan uji perbedaan dua rata-rata pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan dk = 22+ 22-2 = 42, diperoleh thitung = 0,47 sedangkan ttabel = 2,019 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel yaitu 0,47 < 2,019. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis ditolak. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji perbedaan dua rata-rata untuk aktivitas belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan dk = 22+ 22-2 = 42, diperoleh thitung = 0,80 sedangkan ttabel = 2,019 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel yaitu 0,80 < 2,019. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis ditolak.Maka dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Question Student Have dan metode konvensional terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Nis p |
Keywords: | Model Pembelajaran Question Student Have; Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12979 |