Rahmad (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BEACH BALL DENGAN PENDEKATAN GAL PERIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IS 4 SMA NEGERI 1 AIR JOMAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310126 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
708310126 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
708310126 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
708310126 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
0708310126 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708310126 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
708310126 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
708310126 BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
708310126 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
708310126 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Beach Ball dengan Pendekatan Gal Perin dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 1 di SMA Negeri 1 Air Joman T.A 2012/2013. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Air Joman pada T.A 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IS 1 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (31,25%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa (53,13%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 29 siswa (90,62%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 47,43% , sedangkan pada siklus II terdapat 87,53% beratri terdapat peningkatan sebesar 40,1%. Dari data hasil uji korelasi antara motivasi (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy = 0,79 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika motivasi siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Beach Ball dengan pendekatan Gal Perin dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 4 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Air Joman T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Rah p |
Keywords: | Motivasi belajar; hasil belajar; model pembelajaran Beach Ball dengan pendekatan Gal Perin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12972 |