Julia (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 PERGURUAN ISLAM SMA CERDAS MURNI T. A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310073 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
708310073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
708310073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
708310073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
0708310073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708310073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708310073 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
708310073 BAB I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
708310073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
708310073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
708310073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 2 Perguruan Islam SMA Cerdas Murni T. A 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Cerdas Murni. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu dengan menggunakan data kuantitatif dan data kuallitatif.Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 58,06% atau 18 orang untuk kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh 83,87% atau 26 orang untuk kriteria baik dan sangat baik. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 25,81%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 21 orang dari 31 siswa yang mendapat nilai ≥70 atau sebesar (67,74%) dan 10 siswa mendapat nilai <70 atau sebesar (32,26%), dengan nilai rata-rata 76,83. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 26 siswa (83,87%) dan 5 siswa yang memperoleh nilai <70 atau sebesar (16,13%) dengan nilai rata-rata 84,03. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,13%.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII-IPS 1 di SMA Cerdas Murni Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Jul p |
Keywords: | Aktivitas Belajar Akuntansi; Hasil Belajar Akuntansi; dan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12971 |