Esterlina (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK YPK ANDREAS KABUPATEN DELI SERDANG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114128 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
708114128 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
708114128 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
708114128 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
0708114128 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
708114128 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114128 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114128 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
708114128 BAB I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
708114128 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
708114128 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI AK dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di SMK YPN Marisi Medan T.A. 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPK Andreas Kab. Deli Serdang yang beralamat di Jln.Pendawa Kompleks DPRD Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK di SMK YPK Andreas yang terdiri dari 28 Orang siswa. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes berbentuk essay yang diambil dari buku paket yang telah disetujui oleh guru. Adapun analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan.Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I 23 siswa yang tuntas (62,16%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 69.86. pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 31 siswa (83,78%) dengan nilai rata-rata 79,59. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 21,62% dengan kenaikan rata-rata sebesar 9.73 poin. Dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% maka hasil belajar siswa dinyatakan tuntas.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi kelas XI AK pada kompetensi dasar Mengelola Tarif Pajak di SMK YPK Andreas Kabupaten Deli Serdang T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Est p |
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL); Aktivitas; Hasil Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12931 |