Sirait, Dahlia (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114086 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708114086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
708114086 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
708114086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
708114086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
708114086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
708114086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
708114086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
708114086 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
708114086 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708114086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara-1 Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara-1 Medan pada semester genap dengan subjek adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan data kuantitif. Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 35,13% atau 13 orang untuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 75,68% atau 28 orang siswa memiliki aktivitas kategori aktif hingga sangat aktif. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah yang tuntas belajar adalah 48,65% atau 18 orang dengan rata-rata 66,89, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 83,78 % atau 31 orang dengan nilai rata-rata 92,16. Terjadi peningkatan 35,13%. Dari hasil perhitungan siklus II diperoleh hubungan antara aktivitas (variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y) dimana rxy =0,77 yang berarti menunjukkan adanya hubungan yang tinggi antara aktivitas dan hasil belajar, artinya jika aktivitas siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi sebesar 0,77. Sedangkan KP = 59,29% yang berarti kenaikan hasil belajar ditentukan oleh aktivitas sebesar 59,29%. Dari hasil perhitungan antara aktivitas belajar siklus I dan aktivitas belajar pada siklus II didapat thitung > ttabel (4,48>1,99) menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar meningkat secara signifikan demikian juga dengan hasil belajar mengalami peningkatan dimana thitung > ttabel (5,35>1,99). Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Standar Kompetensi Menyusun Laporan Keuangan di kelas X AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara-1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12928 |