Simarmata, Inton (2012) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AK-2 SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114153 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708114153 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
708114153 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
708114153 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
0708114153 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
708114153 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114153 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114153 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708114153 BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
708114153 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
708114153 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X AK 2 di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dengan subjek siswa kelas X AK 2 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan angket untuk mengetahui minat belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa, pada siklus I hanya rata-rata 62,50 % dimana belum menunjukkan peningkatan dengan kriteria penilaian skor 61 dengan 64 % dari jumlah siswa. Pada siklus II menunjukkan minat belajar siswa 82,27 %. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 27 siswa (67,50%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 35 siswa (87,50%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 87 % siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dapat disimpulkan bahwa implementasi kolaborasi model pembelajaran Small Group Discussion dengan Snowball Throwing pada standar kompetensi tahap pencatatan siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas X AK-2 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan minat dan hasil belajar yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sim i |
Keywords: | Minat belajar; Hasil Belajar; Kolaborasi Model Pembelajaran Small Group Discussion dengan Snowball Throwing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12922 |