Sembiring, Juniarti (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK-1 SMK NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114167 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114167 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
708114167 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
708114167 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
0708114167 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114167 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708114167 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
708114167 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114167 BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
708114167 BAB V.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
708114167 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK-1 SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe pada semester ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X AK-1 yang berjumlah 32 siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan kualitatif serta uji korelasi antara minat dengan hasil belajar. Berdasarkan angket minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata minat 67,08 % menjadi 85,80 % pada siklus II.Selanjutnya dari hasil tes belajar yang dilaksanakan juga mengalami peningkatan yaitu dari 20 siswa ( 62,5% ) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 29 siswa ( 90,62% ) pada siklus II. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% jumlah siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dan dari hasil uji korelasi antara minat (X) dan hasil belajar (Y), diperoleh r_xy= 0,73 yang menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika minat belajar siswa tinggi, maka hasil belajarnya juga tinggi. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistic atau uji t dengan dk = n_1+n_2-2 pada α = 0,05. Dari data perhitungan diperoleh t_hitung=4,59 dan t_tabel=1,99 .Hasil pengujian menunjukkan t_hitung > t_tabel yaitu 4,59 > 1,99. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas X AK-1 SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dapat digunakan sebagai alterbatif dalam pembelajaran akuntansu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sem p |
Keywords: | Minat Belajar; Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12913 |