Yudirma, Lasmini (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER SISWA KELAS XII-IS1 DI SMA CERDAS MURNI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310077 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
708310077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
708310077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
708310077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
0708310077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
708310077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708310077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708310077 BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
708310077 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
708310077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII-IS1 dengan menerapkan model Giving Question and Getting Answer di SMA Cerdas Murni Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Cerdas Murni yang beralamat di Jl. Beringin No.33 Pasar VII Tembung. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IS1 yang berjumlah 35 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah model Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar, sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif.Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 48,57% atau 17 orang untuk kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh 82,85% atau 29 orang untuk kriteria baik dan sangat baik. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 34,28%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 35 siswa yang mendapat nilai ≥70 atau sebesar (54,29%) dan 16 siswa mendapat nilai <70 atau sebesar (45,71%), dengan nilai rata-rata 67,86. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 30 siswa atau sebesar (85,71%) dan 5 siswa yang memperoleh nilai <70 atau sebesar (14,29%) dengan nilai rata-rata 76,86. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9%.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII-IS1 di SMA Cerdas Murni Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Yud u |
Keywords: | Aktivitas Belajar Akuntansi; Model Giving Question and Getting Answer |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12909 |