Prichella, Baby (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114071 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
708114071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
0708114071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708114071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114071 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
708114071 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708114071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity di kelas X Akuntansi SMK Swasta Parulian 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Parulian 2 Medan yang terletak di Jl. Garuda Raya Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 58.02% menjadi 80.92% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 22.9%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa hanya 21 (55.26%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 32 siswa (84.21%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy sebesar 0.78 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 60.84% dalam meningkatkan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang di kelas X Akuntansi SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Pri p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12902 |