Kelana, Muda (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS DI ISLAMIYAH SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310101 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
708310101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
708310101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708310101 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708310101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
708310101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310101 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310101 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310101 BAB I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
708310101 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
708310101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Is di MAS Islamiyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan di MAS Islamiyah Sunggal pada tahun pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XII Is yang berjumlah 30 orang dan objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping dengan Talking Stick. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 8 siswa (27%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 13 siswa (43%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 26 siswa (87%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkan motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 1 siswa (3%) dengan kriteria motivasi sangat tinggi , sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa (87%) dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Dari data hasil uji korelasi antara motivasi (variabel x) dan hasil belajar (variabel y) diperoleh rxy = 0,81 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika motivasi siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapiing dengan Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Is di MAS Islamiyah Sunggal tahun pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Kel p |
Keywords: | motivasi belajar; hasil belajar; kolaborasi model pembelajaran mind mapping dengan talking stick |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12888 |