Wulandary, Tantry (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DENGAN TALKING STCIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 AKUNTANSI DI SMK PANCA BUDI-2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310161 COVER.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
708310161 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708310161 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
708310161 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
708310161 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708310161 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310161 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310161 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708310161 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
708310161 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
708310161 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas 3 Akuntansi di SMK Panca Budi-2 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas 3 Akuntansi SMK Panca Budi-2 Medan. Dengan penerapan model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Panca Budi-2 Medan yang beralamat dijalan Gatot Subroto Km. 4,5 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 Akuntansi dengan jumlah 47 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data.Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 42,55% menjadi 76,59% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 34,05%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar yaitu dari 47 siswa hanya 32 (68,08%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,14 menjadi 41 siswa (87,23%) pada siklus II dengan niali rata-rata 81,23. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperolah nilai 70. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung = 5,75 > ttabel = 1,99.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Talking Stick pada standar kompetensi menyajikan laporan harga pokok produk di kelas 3 Akuntansi SMK Panca Budi-2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Wul p |
Keywords: | Kolaborasi; Model Pembelajaran; Small Grou; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12872 |