Sidadolog, Sari (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK KRAKATAU MEDAN TAHUN AJARAN 2001/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310144 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
708310144 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
708310144 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
708310144 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
708310144 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
708310144 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708310144 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708310144 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708310144 BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
708310144 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
708310144 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X- AK SMK Krakatau Medan Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Krakatau Medan yang beralamat di Jl.Brigjen. Bejo/cemara No 32-34 Medan Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-AK dengan jumlah siswa 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknik analiasis data adalah dengan data kuantitatif.Berdasarkan angket motivasi belajar siswa, belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat menuntun siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar serta menambah semangat belajar. Dari hasil angket memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, pada siklus I terdapat 62,5% menjadi 78,5% pada siklus II. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 20 siswa ( 62,5%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 31 siswa (96,87%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 96,87% siswa memperoleh nilai > 70. Dan dari hasil uji korelasi antara motivasi (X) dan hasil belajar (Y), diperoleh rxy = 0,73 yang menunjukkan hubungan positif, artinya jika motivasi belajar siswa tinggi maka hasil belajarnya juga tinggi. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= n1+n2-2 pada a = 0,05. Dari data perhitunga diperoleh thitung = 3,69 dan ttabel 1,980. Hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,69 > 1,980. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Make a match pada standar kompetensi akuntansi perusahaan dagang di kelas X SMK Krakatau Medan T.P 2011/2012 membuktikan peningktan motivasi dan hasil belajar yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sid p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12866 |