Lumban Raja, Dermanto (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK-1 SMK YAPIM MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114094 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
708114094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
708114094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
708114094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
708114094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114094 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
708114094 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
708114094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah” rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI Ak-1 SMK YAPIM Medan T.A 2011/2012 melalui Penerapan Kolaborasi model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan Snowball Throwing.Penelitian ini dilaksanakan di SMK YAPIM Medan pada semester genap T.A 2011/2012 dengan subyek adalah siswa kelas XI Ak-1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hanya 22 orang atau 62,86% siswa dengan kriteria Sangat baik dan Baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 31 orang atau 88,57% siswa sudah melebihi Baik dan Sangat Baik. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 21 orang (60%) siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66,71. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 30 orang (85,71%) siswa dengan nilai rata-rata 77,85. Dengan demikian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25,71% dengan peningkatan rata-rata nilai 11,14 poin. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 6,05 > ttabel1,667. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan Snowball Throwing pada standar kompetensi mengelola kartu utang di kelas XI Ak -1 SMK YAPIM Medan T.A 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Lum p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Kolaborasi model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan Snowball Throwing |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12865 |