Budiman, Arif (2012) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STAD DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 1 STABAT. T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310015 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
708310015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
708310015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
708310015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708310015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708310015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
708310015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310015 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
708310015 BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
708310015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Stabat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan cara menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan STAD dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Stabat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Stabat yang terletak di jalan Proklamasi Kwala Bingai Stabat Kec. Stabat – Kabupaten Langkat Sumatera Utara tahun pembelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Stabat yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test uraian dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dari analisis diperoleh data test awal jumlah siswa yang tuntas sebesar 14 orang (38,84%) dengan nilai rata – rata 61,97. Dalam hasil test belajar pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas berjumlah 22 orang (57,89%) dengan nilai rata – rata 71,76. Sedangkan hasil test belajar pada siklus II menunjukkan siswa yang tuntas sebesar 31 orang (81,57%) dengan nilai rata – rata 82,34. Dengan demikian berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari post test siklus I ke post test siklus II sebesar 23,68%. Sedangkan pada hasil observasi yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 30 siswa yang baik/aktif (78,94%) dan 8 siswa yang cukup/kurang aktif (21,05%). Sedangkan pada siklus II diperoleh 15 siswa yang sangat baik/sangat aktif (39,47%), 22 siswa yang baik/ aktif (57,89%). Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,42%. Dalam hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy 0,61 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 37,21% dalam meningkatkan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwasannya Kolaborasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan STAD pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XII IS I SMA N 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan STAD dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Bud k |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan STAD |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 10:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12802 |